zzzzzzzz

2010年6月29日火曜日

nihon go o benkyoushimasu (awal2)

memperkenalkan diri

A:"hajimemashite,watashi wa kevin desu" (perkenalkan,saya kevin)
B:"watashi wa YUI desu" (saya YUI)
A:"dozoyouroshiku onegaishimasu"* (senang berkenalan dengan mu

*)kata dozoyouroshiku onegaishimasu bisa di baca dozoyouroshiku saja

------------------------------------------
ungkapan di dalam kelas

kitte kudasai = dengarkanlah
kaite kudasai = tulislah
yonde kudasai = bacalah
akete kudasai = bukalah
itte kudasai = usapkanlah
mita kudasai = lihatlah
suwatte kudasai = duduklah
tatte kudasai = dirilah
kite kudasai = datanglah

contoh kalimat:
rajio o kitte kudasai* (dengarkan radio)
hon ni kaite kudasai** (tulislah di buku)
hon o yonde kudasai (bacalah buku)
hon o akete kudasai(bukalah buku)
moichido,itte kudasai*** (maaf,ucapkan sekali lagi)
e o mite kudasai (lihatlah gambar)
isu ni suwatte kudasai (duduklah di bangku)
untuk kata tatte kidasai tidak ada contoh kalimat nya
mae e kite kudasai**** (majulah ke depan)

*)pastikel o yaitu partikel untuk kata kerja
**)pastikel ni yg artinya "di"
***)tidak menggunakan pastikel
****)partikel e yg arti nya "ke"

---------------------------------------
ikimasu = pergi
kimasu = datang
kaerimasu = pulang

pola kalimat

(keterangan tempat) e ikimasu
contoh:nihon e ikimasu (pergi ke jepang)

(subjek) wa (tempat) e ikimasu/kimasu/kaerimasu
contoh:watashi wa jakarta e ikimasu (saya pergi ke jakarta)
YUI-san wa uchi e kaerimasu ka?* (apakah YUI pulang ke rumah?)

*)untuk ngengubah ke dalam kalimat tanya,hanya oerlu menambahkan pastikel "ka"

(subjek) wa (nama/status) desu
contoh:
watashi wa kevin desu (saya kevin)
watashi wa seito desu (saya seorang pelajar)

(subjek) wa (nama sekolah) no (nama/status) desu*
contoh:
watashi wa SMP 2 no seito desu (saya seorang pelajar smp 2)
watashi wa sma 1 no kyoushi desu (saya seorang guru)**

*)pastikel no di gunakan untuk kepemilikan,jika ada partikel no yg di artikan lebih dahulu itu kata/kalimat setelah partikel tersebut
**)kyoushi = guru,sensei = guru,perbedaan nya kalo kyoushi itu di gunakan untuk diri kita sendiri,contoh:watashi wa kyoushi desu (saya seorang guru),sensei = untuk panggilan ke orang lain
---------------------------------------------
memperkenalkan orang lain

kochira wa (nama) desu
contoh:kochira wa nadia desu (ini nadia)
------------------------------------
untuk kelas

ichi nensei = kelas 1
ni nensei = -"- 2
san nensei = -"- 3
yo nensei = -"- 4
go nensei =-"- 5
roku nensei =-"- 6
nana nensei = -"- 7
hachi nensei = -"- 8
kyu nensei = -"- 9
jyuu nensei = -"- 10

contoh:watashi wa seito desu.8 nensei

kosakata =
ohayou gozaimasu = slamat pagi
ohayou (lebih singkat) = slamat pagi
oha(bahasa gaul) = slamat pagi
oyasuminasai = slamat tidur
mata ashita = sampai besok
mata raishiyou = sampai minggu depan
shamata = sampai bertemu lagi
ojigi = cara membungkukan badan
tadaima = aku pulang*
okaerinasai = slamat datang
ittekimasu = aku pulang*
itterasshai = hati2
itadakimasu = aku makan/slamat makan

*)bedanya kalo tadaima itu misalkan kita abis pergi dari luar rumah,dan pas sampe rumah kita bilang nya tadaima,tp kalo ittekimasu itu misalkan kita lagi ngumpul2 sama temen2 terus kita mau pulang duluan,dan kita bilang nya ittekimasu

1 件のコメント: